[et_pb_section admin_label=”section”] [et_pb_row admin_label=”row”] [et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text admin_label=”Text”]

Studi Sosial Ekologis dan Ekonomi pada Lanskap Alam Serta Manusia

PLAN B menawarkan jasa konsultansi untuk membantu klien dalam mencapai tujuan keberlanjutan tersebut secara sosial, lingkungan dan ekonomi melalui kegiatan riset pada sektor kehutanan, pertanian, energi, pendidikan dan sistem pasar. Klien kami berasal dari segmen yang beragam dari keluarga, LSM, lembaga pendidikan, lembaga penelitian, pemerintah dan perusahaan. Layanan kegiatan riset didukung oleh para ahli dari akademisi meliputi penelitian :

  • Desain permakultur rumah, aset lahan dan perkantoran.
  • Pengembangan strategi nafkah keluarga.
  • Manajemen bebas sampah dan energi terbarukan.
  • Akses air minum dan sanitasi.
  • Pendidikan non formal home-schooling.

Pemetaan Partisipatif Aset Desa dan Tata Guna Lahan Desa

PLAN B secara aktif mendukung upaya dan pelaksanaan pembangunan berkelanjutan di Indonesia, melakukan analisis dan pemetaan partisipatif tataguna aset serta lahan desa menggunakan indikasi HCV, kondisi lanskap serta situasi ekologis kewilayahan.

PLAN B mengkombinasikan pendekatan teknologi GIS dan penginderaan jauh dengan studi akademis  serta pengamatan sosial budaya pada wilayah target sehingga dapat menghasilkan data, peta, analisis dan strategi  untuk menumbuhkan dampak kemandirian klien.

PLAN B memberikan layanan asistensi pada proyek riset dan pengembangan praktik terbaik pengelolaan sumber daya alam berbasis aset, pengelolaan hutan dan sawit berkelanjutan, diversifikasi pengembangan komoditas dan energi rendah emisi. Layanan teknis dan asistensi PLAN B adalah :

  • Asesmen Nilai Konservasi Tinggi (HCV).
  • Asesmen bentang alam, ekosistem dan keanekaragaman hayati.
  • Pengembangan proyek REDD+ dan Restorasi Ekosistem.
  • Perkebunan kelapa sawit berkelanjutan.
  • Kehutanan lestari dan hutan pangan masyarakat.
  • Perhutanan sosial dan pertanian mandiri komunitas.
  • Saat ini PLAN B telah bekerja bersama  NGO nasional dan internasional, lembaga donor, yayasan pendidikan, universitas dan pemerintah dalam jejaring pengelolaan dan pembangunan sumber daya alam berkelanjutan.

Hutan Pangan (Pola Zonasi Permanent Agriculture)

Pertanian dan petani adalah basis budaya dan lingkungan tempatan. Pertanian menyediakan makanan bagi masyarakat, menggerakkan ekonomi dan membentuk bentang alam kita. Interaksi kita sehari – hari dengan alam dapat menumbuhkan hubungan ketergantungan yang saling menguntungkan. Alam dan kehidupan merupakan ekosistem hidup yang utuh, lengkap dan berkelanjutan.

Pendekatan permanent agriculture dan permanent culture menjadi pemudah cara sekaligus strategi membuat tatakelola bentang alam agar petani dapat menggunakan desain dan sistem alam sehingga menghasilkan kelimpahan pangan yang permanen. Membuat desain pembagian zonasi lahan berdasarkan fungsi dan perhitungan yang berkelanjutan.

PLAN B memberikan dukungan teknis pertanian berkelanjutan dengan mengadaptasi sistem alam dan menghasilkan pendapatan yang dapat membantu petani meningkatkan kesejahteraan keluarga dan juga membantu mengelola layanan ekosistem lanskap alami yang sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat generasi saat ini dan generasi masa depan.

Analisis Sosial, Ekologi dan Ekonomi

[/et_pb_text][/et_pb_column] [/et_pb_row] [/et_pb_section]