Tataguna Lahan Desa adalah sebuah konsep rencana penggunaan lahan agar masyarakat desa dapat mengetahui dengan benar aset keruangan wilayah yang menjadi tempat hidup. Penatagunaan lahan Desa yang terencana dengan baik dapat mendukung pembangunan desa demi sepenuhnya kepentingan masyarakat secara adil.
Fasilitasi tataguna lahan dilaksanakan di Desa Tabalar Muara dan Desa Semurut, Kabupaten Berau sebagai upaya memetakan situasi kerungan Desa dan mengatur perencanaan pada ekosistem mangrove di Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KKP3K). Tata guna lahan di Desa Semurut merupakan hasil perencanan partisipastif warga dalam mengatur penggunaan lahan yang telah ada dan merencanakan pemanfataan lahan Desa dalam 5 -10 tahun tahun mendatang. Hasil diskusi partisipatif warga ini dituangkan dalam peta maket 3D (Dimensi) sebagai alat bantu perencanaan tata guna lahan Kampung. Salah satu hasil kesepakatan warga dalam perencanaan tataguna lahan adalah pengamanan simpadan pantai dengaan mempertahankan kawsan mangrove sedalam 200 meter. Melalui penatagunaan lahan ini Desa juga menetapkan kawasan ekowisata UMS (Wisata Mancing Semurut) di Desa Semurut dan kawasan ekowisata Air Panas dan Lumpur Hidup di Desa Tabalar Muara.

BASE OFFICE

Perum Buenos Aries Blok 1-2 No 2 Serpong Kota, Tangerang, Indonesia 15311

HUB OFFICE

Kampung School Compound
Jl. Raya Bogor-Sukabumi KM 15, Kampung Nangoh Babakan, Rt.003/001. Desa Cimande, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kode Pos 16730

INFORMASI KONTAK

info@planb.co.id
+62 812 5408 141